Memasuki awal bulan Oktober biasanya hujan mengguyur wilayah Indonesia dan menyebabkan banjir. Honda Lovers harus melakukan perawatan ekstra untuk menjamin kondisi komponen mobil selalu terjaga dan baik kondisinya. Ingat, mobil yang terlalu sering terkena genangan air, terendam banjir atau terguyur selama musim hujan bisa mengakibatkan sparepartnya terganggu. Jadi tidak ada salahnya kamu mengetahui cara merawat mobil di musim hujan. Jadi simak dulu 10 cara merawat mobil di musim hujan yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

bengkel dan dealer resmi honda sukun malang

promo murah honda sukun malang

kredit murah honda sukun malang

cicilan murah honda sukun malang

1. Segera Keringkan Mobil

Keringkan mobil setelah digunakan saat hujan. Air hujan yang mengering di bagian permukaan mobil bisa beresiko merusak lapisan cat, loh! Oleh karena itu setelah mobil terguyur hujan biasakan siram mobil dengan air lalu lap hingga kering sehingga tidak ada air hujan yang menempel pada permukaan cat mobil.

2. Pastikan Kondisi Ban

Saat berkendara di musim hujan, Honda Lovers harus memastikan kondisi ban dalam keadaan baik karena saat musim hujan jalan cenderung lebih licin dan kendaraan akan mudah tergelincir. Jadi pastikan tekanan angin ban cukup dan umur ban tidak melebihi batas. harga honda brio sukun malang

3. Periksa Kondisi Rem

Komponen rem mobil adalah komponen yang bekerja lebih keras untuk mereduksi kecepatan kendaraan. Jika komponen ini terganggu akan sangat membahayakan ketika kamu melibas jalanan hujan yang bisa dikatakan licin. Kamu bisa mulai mengecek dari oli rem mobil, kebersihan dari komponen rem sendiri hingga kondisi brake pad.

4. Bersihkan Kaca Depan

Jaga visibilitas dari sisi pengemudi. Pastikan semua sisi kaca bisa memberikan kondisi penglihatan yang sempurna ke semua sisi bahkan jarak terjauh yang bisa dipandang. Bersihkan terlebih dahulu kaca mobil dari kotoran yang melekat erat agar tak menyulitkan kerja wiper nantinya. harga honda mobilio sukun malang Periksa juga kondisi lampu utama dan foglamp, karena dalam kondisi hujan, komponen pencahayaan dapat meningkatkan visibilitas.

5. Periksa Wiper dan Cairan Pembersih Kaca

Cek kondisi karet wiper apa masih baik atau sudah waktunya diganti, selain itu cek juga penampungan air washer, bila sudah kosong atau berkurang alangkah baiknya untuk ditambahkan. Komponen ini sangatlah penting ketika kita sedang menghadapi musim hujan dan cara merawat mobil di musim hujan di bagian ini termasuk dalam kategori yang mudah dilakukan dimana saja.

6. Bersihkan Karpet Mobil

Cara merawat mobil di musim hujan lainnya adalah menjaga kebersihan kabin di bagian karpet. Seperti diketahui, jamur bisa muncul akibat Sahabat masuk dengan sepatu kotor dan basah, serta kondisi lembab di dalam mobil. Cara mengantisipasinya, kamu bisa menyediakan alas kaki kering sebagai ganti, bungkus sepatu yang basah. Kemudian Anda juga bisa menyediakan karpet pelapis lantai mobil agar tidak lembab dan kotor.

7. Pastikan AC dan Deffoger Berfungsi

AC dan defogger baik itu untuk kaca depan dan belakang akan menjaga suhu lebih dingin dari luar kendaraan, sehingga efek pengembunan pada kaca akan tereduksi. Jika kondisi AC dan defogger tidak prima akan mengurangi visibilitas saat menerjang hujan karena kaca tertutup embun. harga honda hrv sukun malang

8. Jaga Jarak dan Kecepatan

Menghadapi musim hujan, sudah bisa dipastikan intensitas lebat tidaknya hujan tidak bisa diprediksi. Nah jika kamu tidak menjaga kecepatan mobil saat berkendara, hati-hati dalam menerjang genangan air karena bisa terjadi aquaplaning.
Aquaplaning sendiri merupakan gejala dimana roda tidak bisa mencengkram permukaan jalan sehingga tidak mendapatkan traksi yang dibutuhkan sehingga mobil tergelincir. Satu-satunya cara menyiasati aquaplaning adalah dengan menjaga kecepatan. Dengan terjaganya kecepatan, maka Honda Lovers akan semakin waspada untuk mengantisipasi berbagai situasi dan mudah bermanuver. Jangan lupa untuk berkendara dengan hati-hati ya ketika menghadapi musim hujan.

9. Hinda Jalanan Banjir

Jika kamu terjebak banjir dan mogok, jangan pernah menghidupkan mesin karena air akan masuk ke dalam saluran pembuangan gas. Jadi alangkah baiknya Sahabat memilih jalan yang tidak tergenang air daripada kamu memaksakan dan berujung pada mobil yang mogok.

10. Melakukan Servis Berkala

Mobil sebenarnya sudah dirancang untuk terjaga atau kedap air, dan cover mesinnya sudah terlindungi oleh sealant. Namun jika mobil kamu sering melibas banjir tidak ada salahnya melakukan penggantian oli mobil karena siapa tau ada komponen yang rembes sehingga air masuk ke dalam mesin. Tentu itu akan sangat membahayakan kondisi mobil, jadi tidak ada salahnya bukan melakukan servis berkala!

Nah, itu tadi Honda Lovers tips berkendara musim hujan! Stay safe and stay healthy!

Manfaatkan Spesial Promo Honda hanya Di Dealer Honda Sukun Malang, dealer resmi untuk wilayah Malang dan Sekitarnya, siap memberikan pelayanan yang terbaik bagi Anda.

HONDA SUKUN MALANG

Jalan Supriadi No. 19-22 Sukun Malang

Team Telemarketing
Whatsapp : 081281797086
Official Website : hondasukunmalang.co.id
Official IG : @hondasukun