Hallo Honda Lovers,

Ban memiliki peran penting, untuk menjaga dan mengecek tapak dan tekanan angin ban merupakan hal paling mendasar dalam menjaga performa ban. Lakukan pengecekan saat kondisi dingin dan mobil belum dijalankan. Terkhusus periksa kondisi telapak dan dinding ban, Perhatikan bila ada perubahan bentuk lantaran terbentur lubang di jalan. Ban memiliki fungsi untuk menopang dan meneruskan putaran dari mesin.

Ban merupakan satu komponen kendaraan yang sangat perlu diperhatikan, selain sebagai penopang, ban mobil juga berfungi sebagai penyangga beban kendaraan, peredam, memindahkan gaya, dan dapat mengontrol arah kendaraan. Perawatan ban diperlukan agar performa ban tidak menurun dan mencegah terjadinya kerusakan. Kondisi ban yang baik akan meningkatkan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Menggunakan ban yang sudah tidak layak dapat membahayakan keselamatan.

Bagaimana Kondisi Ban Mobil Jika Tidak diganti ?

  • Mengurangi performa pengereman
  • Menurunkan efisiensi bahan bakar
  • Mengurangi keamanan dalam berkendara

Cara Mengetahui Kondisi Ban Anda

Kondisi Kerusakan

Penyebab Kerusakan  Akibat Kerusakan

Aus pada kedua bahu ban

  1. Tekanan udara kurang
  2. Beban berlebihan
  3. Membelok dengan kecepatan tinggi
  4. Pelek roda terlalu lebar
  1. Mobil dapat tergelincir saat berbelok
  2. Menurunkan stabilitas pengemudian

Aus Pada Tengah Ban

  1. Tekanan udara terlalu tinggi
  2. Pelek roda terlalu sempit
  1. Mobil dapat tergelincir saat berbelok
  2. Menurunkan stabilitas pengemudia

Aus Pada 1 Sisi Ban Saja

  1. Camber tidak tepat (penyelaraan roda)
  2. Modifikasi suspense
  3. Tidak melakukan silang ban
  1. Mobil dapat tergelincir saat berbelok
  2. Menurunkan stabilitas pengemudian

Koyak Pada Tepi Pola Tapak Ban

  1. Penyelarasan roda tidak benar (utamanya toe-in)
  2. Ban bergerak secara menyudut terhadap arah laju kendaraan
Bising ban berlebihan saat mengemudi

Aus Pola Tapak Ban Menyudut

  1. Ban digunakan di roda penggerak terlalu lama
  2. Silang ban kurang dilakukan
Bising ban berlebihan saat mengemudi

Aus berlebihan pada tapak ban

  1. Pengereman mendadak
  2. Gaya pengereman tidak merata
  1. Bising ban berlebihan saat mengemudi
  2. Kenyamanan berkendara berkurang

Benjol Pada Ban

  1. Melewati lubang jalan pada kecepatan tinggi
  2. Tekanan udara terlalu rendah
Ban dapat pecah sewaktu – waktu

Resiko Menggunakan Ban Mobil Sudah Aus

Ban mobil Aus Anda mengemudi dengan kecepatan sedang maupun tinggi resiko kecelakaan rentan terjadi.  Resiko kecelakaannya justru lebih besar, baik itu kecelakaan tunggal maupun kecelakaan yang melibatkan kendaraan lain. 

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan selalu melakukan pengecekan dan perawatan ban mobil secara rutin di bengkel resmi Honda Sukun Malang.

Waspada Hydroplaning Saat Berkendara

Hydropplaning adalah fenomena dimana mobil sedang kehilangan kendali ketika melewati jalan yang tergenang air. Kondisi ini dapat menyebabkan ban mengalami kehilangan traksi pada permukaan jalan, sehingga kendaraan akan lebih mudah tergelincir dan tidak bisa untuk dikendalikan dalam kecepatan tinggi. Namun hal ini tidak perlu di khawatirkan lagi, simak berikut:

Cara Pencegahan

  • Pastikan kedalaman alur ban cukup
  • Pastikan tekanan angina ban sesuai standart
  • Kurangi kecepatan pada saat melewati genangan air

Sisa Alur & Kinerja Pengereman

  • Jarak pengereman menjadi lebih jauh pada permukaan jalan basah / tergenang.
  • Sisa alur ban mengurangi kemampuan membuang air dari antara telapak dengan permukaan jalan. Kinerja pengereman menjadi kurang maksimal karena akan terjadi hydroplaning.
  • Jarak pengereman secara signifikan bertambah ketika sisa alur ban kurang dari 1.6 mm.

Ketahui Arti Pada Kode Ban Mobil 

Pengalaman beli mobil dan ban bekas atau baru, sebaiknya lihat tahun bannya. Melihat dari kecelakan – kecelakan yang terjadi kebanyakan mobil di sebabkan karena masalah pada ban mobil pecah. Berikut adalah deretan kode dan simbol ban yang wajib jadi perhatian, misalnya contoh ban mobil Type 205/65/r15 94 H

  • 205 : Lebar Ban
  • 65 : Tinggi Ban
  • R : Ring
  • 15 : Ukuran Ring
  • 94 : Max Beban
  • H : Max 210km/h
  • S : Max 180km/h
  • T : Max 190 km/h
  • U : Max 200 km/h
  • V : Max 240 km/h
  • Z : >240 km/h
  • W : Max 270 km/h
  • Y : 300 km/h

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menganti Ban Mobil ?

  • Saat Kondisi Permukaan Ban Sudah Mulai Pecah Pecah : Permukaan ban bisa pecah atau rusak diakibatkan wailayah dengan cuaca panas, untuk mengurangi resiko ban mengalami pecah – pecah jangan biarkan mobil langsung terpapar dengan sinar matahari secara terus menerus. 
  • Permukaan Ban Sudah Halus dan Tipis : Ban mobil yang sudah halus dan tipis sangat dianjurkan untuk segera di ganti lho. Sobat bisa melakukan pengecekan TWI atau Trad Wear Indicator) pada ban mobil TWI merupakan petunjuk batas keausan ban mobil.
  • Permukaan Ban Sudah Benjol : Jalan yang tidak terus menerut rata dan berkendara dengan kecepatan tinggi ternyata dapat membuat permukaan ban jadi benjol dan dapat berpotensi ban mengalami pecah serta beresiko mengalami kecelakaan.
Untuk info lebih lanjut silahkan Kunjungi dealer Honda Sukun Malang
Jl. S. Surpriadi No 19-22 Sukun, Malang

Team Telemarketing
Telemarketing : 082133727332
Official Website: www.hondasukunmalang.co.id
Official IG : @hondasukun