DP MINIM.

Sebagian orang memiliki banyak kebutuhan dan memandang bahwa uang yang tersedia bisa difungsikan untuk beberapa hal contohnya untuk biaya sekolah, uang simpanan untuk kebutuhan darurat ataupun untuk operasional usaha agar tetap berjalan.

Down Payment (DP) minim menjadi solusi tepat untuk kamu yang mau membeli mobil sesuai budget yang akan dialokasikan. Sebelum mengambil keputusan mengambil untuk kredit mobil dengan DP minim, sebaiknya kamu membaca ulasan seputar tips mengambil cicilan dengan DP minim karena sebenarnya ada plus dan minusnya.

Daripada penasaran, mendingan langsung saja kita baca ulasannya berikut.

+ Apa itu kredit mobil?

Kredit mobil adalah layanan yang ditawarkan oleh pihak bank atau lembaga pembiayaan yang telah kerjasama dengan pihak dealer agar memudahkan customer yang akan membeli mobil secara kredit. Dengan kredit mobil memberikan kamu kesempatan untuk bisa membawa pulang mobil impian tanpa harus memiliki dana yang utuh seharga mobil tersebut. Pembayaran mobil akan dilakukan dengan sistem cicilan/ angsuran per bulan.

+ Kredit mobil dengan DP murah lebih untung, karena...

Beberapa hal yang akan meyakinkan kamu untuk membeli mobil dengan kredit DP murah:

  1. Tidak menguras tabungan sehingga tetap ada uang darurat ataupun perputaran modal usaha
  2. Sudah termasuk asuransi setiap bulannya sehingga kamu tidak perlu khawatir karena mobil sudah terproteksi sampai tenor kredit selesai
  3. Suku bunga kompetitif
  4. Tenor atau jangka waktu kredit sampai dengan 7 tahun
+ Kenali Risikonya

Membeli mobil dengan DP minim menjadikan cicilan perbulan makin besar serta membutuhkan proses kredit yang lebih detail yaitu melihat kapasitas customer dan melakukan BI checking (historis yang mencatat lancar atau macetnya pembayaran kredit). Hal ini dikarenakan DP yang minim akan menjadikan cicilan akan lebih besar sehingga dari pihak pembiayaan harus mengetahui kemampuan atau pendapatan customer setiap bulannya.

+ Pertimbangkan plus dan minusnya kredit mobil

Berdasarkan keuntungan dan risiko yang telah disebtukan diatas, saatnya mempertimbangkan untuk keputusan membeli mobil dengan kredit DP minim:

  1. Menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Pikirkan terlebih dahulu kendaraan apa yang kamu butuhkan, termasuk spesifikasinya. Selanjutnya sesuaikan dengan kemampuan finansialmu, baik harga, cicilan dan tenornya. Jangan memaksakan diri saat  membeli kendaraan yang melebihi kemampuan.
  2. Pilih tenor lebih lama untuk mengimbangi gaji bulanan. Cicilan akan lebih murah jika tenor yang diambil lebih lama sehingga kamu bisa menyesuaikan gaji bulanan.
  3. Pertimbangkan usia mobil. Asumsinya jika mobil digunakan untuk sehari-hari maka usia rata-rata mobil Cuma sampai lima tahun. Jika lebih dari itu akan memengaruhi performa mesin mobil dan berisiko turun mesin sehingga membutuhkan biaya perawatan yang tinggi.
  4. Pilih perusahaan pembiayaan yang terpercaya. Pihak dealer telah bekerjasama dengan pihak pembiayaan yang terpercaya serta memiliki reputasi baik. Fasilitas pembiayaan kredit ditawarkan oleh pihak bank dan leasing.
+ Syarat pengajuan kredit mobil

Setiap penyedia fasilitas pembiayaan memiliki persyaratanya masing-masing. Pada umumnya dalam pengajuan kredit membutuhkan persyaratan sebagai berikut:

  1. Harus Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Minimal usia 21 tahun
  3. Fotok KTP yang mengajukan dan pasangan (jika ada)
  4. Foto Kartu Keluarga (KK) dan akte nikah (jika ada)
  5. Foto tagihan rekening listrik atau PBB
  6. Foto slip gaji 3 bulan terakhir
  7. Foto rekening koran 3 bulan terakhir
  8. Foto NPWP
  9. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) untuk yang memiliki usaha
+ Prosesnya berapa lama, ya?

Jika telah melengkapi persyartan di atas, proses pengajuan diawali dari BI Checking yaitu melihat historis lancar atau macetnya pembayaran kredit, kemudian pihak leasing akan menghubungi customer melalui telfon untuk verifikasi customer dan membuat janji untuk melakukan survey ke rumahnya. Setelah survey maka data akan diajukan ke kantor pusat leasing. Terkadang pihak leasing membutuhkan data-data tambahan saat proses pengajuan untuk meyakinkan pihak leasing agar pengajuan dapat disetujui. Dari syarat lengkap sampai dengan proses pengajuan disetujui rata-rata membutuhkan waktu 5 sampai 7 hari. Setelah pengajuan kredit disetujui, kamu akan diminta dealer untuk membayar DP dan mobil bisa kamu bawa pulang.

+ Jangan bingung saat bayar cicilan

Pihak pembiayaan akan memberikan kenyamanan dengan menawarkan beragam metode untuk melakukan pembayaran cicilan kredit mobil. Kamu bisa auto debit dari rekening, transfer antar bank via ATM, setor tunai langsung ke teller, menggunakan mobile atau internet banking, atau minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.

+ Apa ada biaya yang harus dibayar selain DP?

Ketika kamu mengajukan kredit maka uang DP yang dibayarkan adalah termasuk biaya administrasi, bunga, asuransi dan biaya kepengurusan dokumen. Jadi kamu tidak dibebankan biaya tambahan lagi, deh!

+ Pilih asuransi yang kamu mau ketika kredit

Ketika mengajukan kredit maka kamu akan langsung dapat asuransi selama tenor kredit yang kamu ambil. Ada dua jenis asuransi yang bisa kamu pilih sebagai perlindungan:

  1. Asuransi all risk selama tenor kredit

Asuransi ini banyak diminati oleh pengguna mobil karena memberikan proteksi penuh pada kendaraan. Risiko kecelakaan yang ditanggung pada asuransi ini yaitu, tabrakan, terbalik, pencurian, tergelincir, kebakaran, tergores, terperosok, benturan, bencana alam, banjir serta huru-hara. Selain itu asuransi ini juga termasuk asuransi jiwa pengemudi dan pihak ketiga. Premi yang harus dibayarkan juga lebih mahal pada asuransi all risk karena asuransi ini menanggung seluruh risiko pada kendaraan.

2. Asuransi kombinasi

Asuransi kombinasi adalah kombinasi antara asuransi all risk dan asuransi TLO (Total Lost Only). Asuransi total lost only hanya memberikan perlindungan ganti rugi kerusakan di atas 75% dan kehilangan. Jadi kerusakan dibawah 75% tidak akan ditanggung oleh pihak asuransi. Sebagai contoh kasus misalnya kamu ambil kredit dengan tenor 5 tahun, maka asuransi kombinasinya adalah 1 tahun asuransi all risk, dan asuransi TLO di tahun ke 2-5. Artinya hanya pada tahun pertama, segala risiko kamu akan ditanggung oleh asuransi, tetapi kamu juga bisa jika ingin upgrade asuransi ke all risk pada tahun ke 2-5.