Kebiasaan Ini Bikin Transmisi Mobil Matik Cepat Rusak

by | Nov 21, 2023 | Informasi | 0 comments

Hai, Honda Lovers!

Seperti yang kita tahu, mobil dengan transmisi matik secara otomatis akan melakukan pengaturan untuk perpindahan gigi. Spesifikasi tersebut memudahkan pengemudi dalam berkendara, sebab pengemudi tidak perlu repot menginjak pedal kopling dan memindahkan tuas transmisi. Namun, kemudahan pengoperasian mobil matik ini terkadang membuat pengemudi menjadi tidak berhati-hati. Tanpa disadari, pengemudi melakukan berbagai kebiasaan buruk yang dapat merusak sistem transmisi dan memperpendek umur pakai mobil matik.

Kebiasaan pertama yang sering dilakukan pengemudi ialah terlalu agresif ketika tuas baru dipindah. Sering memindahkan tuas kemudian berkendara secara agresif dinilai menjadi kesalahan yang merusak transmisi mobil. Mobil sebaiknya tidak terlalu cepat berakselerasi saat transmisi baru dipindahkan ke posisi D atau R. Sebaiknya, mobil diberikan jeda atau waktu satu sampai dua detik agar gigi itu benar-benar menyangkut dan bisa bekerja optimal. Kamu bisa mulai memindahkan posisi tuas transmisi dari N atau D ke R secara hati-hati, kemudian injak pedal gas secara perlahan, ya.

Selain itu, tergesa-gesa dalam memindahkan transmisi ke posisi P saat mobil belum berhenti total juga berpotensi menyebabkan dampak buruk bagi transmisi. Proses ini dikenal sebagai “transmisi tergesa-gesa” atau “shift-lock override.” Kebiasaan melakukan hal ini secara terus-menerus dapat menimbulkan masalah pada transmisi dan komponen terkait. Jika kamu tiba-tiba memindahkan transmisi ke posisi “P” sebelum mobil benar-benar berhenti, beban pada mekanisme penguncian parkir dapat naik secara mendadak, sehingga menimbulkan keausan dan potensi kerusakan pada komponen tersebut. Oleh karena itu, dianjurkan untuk menunggu hingga mobil benar-benar berhenti sebelum memindahkan transmisi ke posisi “P” ya!

Lebih lanjut, terlambat mengganti oli transmisi atau tidak diganti sesuai dengan anjuran pabrik, juga dinilai bisa membuat umur transmisi matik mudah rusak, lho. Jadi, pastikan oli tranmisi kamu rutin diganti ya, Honda Lovers! Mau booking service berkala untuk penggantian oli? Yuk, hubungi telemarketing kami sekarang!